Kamis, 09 Desember 2010

Tanda-Tanda Kemunculan Imam Mahdi as

Tanda-Tanda Kemunculan Imam Mahdi as

Kita dapat membagi tanda-tanda munculnya Imam Mahdi as yang terdapat dalam riwayat dalam tiga katagori:
Katagori pertama : tanda-tanda umum, riwayat-riwayat dalam kelompok ini, menjelaskan tentang penyimpangan yang merebak luas di atas dunia tak terkecuali dunia Islam.
Tanda-tanda umum ini bukanlah tanda-tanda yang seiring dengan waktu munculnya Imam as, bahkan bisa dikatakan tanda-tnda tersebut akan terjadi puluhan tahun sebelum kemunculan beliau as.
Katagori kedua : riwayat-riwayat yang menjelaskan tanda-tanda yang terjadi tak lama sebelum beliau muncul, akan tetapi tanda-tanda itu tidak memastikan beliau akan muncul pada tahun itu.

Katagori ketiga : tanda-tanda yang terjadi pada tahun di mana beliau akan muncul atau pada satu tahun sebelum kemunculan beliau.
Katagori yang terakhir tersebut dapat dibagi pada dua macam.
Pertama: tanda-tanda yang tidak pasti, artinya bisa jadi tanda dan peristiwa itu terjadi, namun beliau beliau as belum berkenan untuk hadir dan muncul.
Kedua: tanda-tanda yang pasti yang tidak dapat diragukan dan tidak akan meleset lagi, setelah peristiwa atau tanda tersebut Imam pasti akan muncul.
Kemudian tanda-tanda ini –secara global- ada yang gamblang arti dan maksudnya juga ada yang sangat global dan samar.

Telah banyak para penulis dan ulama yang telah membahas riwayat tersebut, khususnya ulama dan penulis kontemporer, ada sebagian dari mereka yang telah menafsirkan dan menakwilkan riwayat tersebut dengan pendapat dan hemat mereka sendiri.
Menurut hemat kami, mereka tidak dapat menetapkan pendapat mereka secara ilmiyah maupun historis, oleh karena itu, kami tidak mau memberanikan diri untuk mengikuti jejak mereka dalam menjustifikasi dan mentakwilakn peristiwa yang tertera dalam hadis, dan hanya Allah SWT, Rasul saw dan ahlulbait suci beliau yang dapat memahaminya secara benar dan pasti.

Untuk lebih jelasnya berikut ini sebuah contoh:

Syekh Mufid dalam kitab Irsyadnya mengatakan tentang tanda-tanda munculnya Imam Mahdi as:.… dan datang dan tibanya bangsa Turki di pulau, dan tibanya bangsa Rum di Ramlah.
Bangsa Turki pada masa sekarang telah tersebar di berbagai negara, adanya berdiam diri di Iran, utara Irak, Turki sendiri dan di Qafqas daerah Rusia, dengan demikian apa maksud dari kata Turk yang terdapat dalam riwayat tersebut?
Serta pulau mana yang dimaksudkan oleh riwayat tadi?
Sedang Rum –mayoritas mereka adalah bangsa Eropa, dan jelas Eropa terdiri dari berbagai bangsa, bangsa manakah yang dimaksud hadis tersebut. Lalu apa maksud Rum di sini?

Dapatkah kita artikan Rum itu sebagai kaum Israel yang sekarang?
Atau mungkinkah maksudnya adalah bangsa Amerika, karena mayoritas bangsa mereka terdiri dari benua Eropa?
Sebagaimana dalam riwayat yang lain terdapat kata Masyriq (Timur) dan Magrib (barat), apa maksud dari dua kata tersebut?
Al-Masyriqul Aqsha (Timur jauh)? Asyarq Ausath (timur tengah)? Al-Marib Aqsha (Barat jauh)? Apa maksundnya ?.
Juga terdapat riwayat yang mengatakan anak keturuunan pulan atau penggalan riwayat yang mengatakan: aku kabarkan kepada kalian dengan pemerintahan terakhir bany pulan?

Sebagian berpendapat bahwa mereka adalah Bani Abbas, padahal pemerintahan mereka telah berakhir pada tahun 656 h, apakah mungkin sebagian dari pemimpin negara-negara arab berdarahkan abbasy?
Alhasil, kita tidak dapat memahmi kata dan nama-nama yang menyerupai kode dan rumus-rumus ini, serta kita tidak dapat memahaminya secara pasti.
Dengan demikian hal terbaik dapat dilakukan adalah kita hanya menyebutkan tanda-tanda itu saja,.. dan kita biarkan sejarah dan waktu yang menjawab maksud sebenarnya dari tanda-tanda tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar